Dasar dasar komputer dan kegunaannya

 •Komputer 

Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data.

•Kegunaan komputer

untuk berbagai aktivitas, mulai dari bisnis, pekerjaan, hiburan, bahkan untuk membantu mengefisiensi tugas sekolah atau kampus.

•Pengantar

Komponen-komponen dasar dari sebuah komputer desktop adalah kotak (case) komputer, monitor, keyboard, mouse, dan kabel listrik. Setiap komponen mempunyai peranan penting saat Anda menggunakan komputer.

•Case (kotak) komputer 

Case komputer dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Sebuah case komputer desktop dan monitor biasanya ditempatkan di atas meja datar. Case komputer yang berbentuk seperti menara (tower) ditempatkan bersebelahan dengan monitor atau ditaruh di lantai. Komputer all-in-one merupakan komputer dimana komponen-komponen utamanya (yang biasanya ditempatkan di dalam case) dipasang built-in di dalam monitor, sehingga dapat menghemat pemakaian tempat.

•MONITOR (layar)

Monitor bekerjasama dengan kartu video (di dalam case komputer) untuk menampilkan konten (gambar dan teks) pada layar. Pada umumnya monitor memiliki beberapa tombol untuk mengakses menu pengaturan monitor (seperti kecerahan layar) atau speaker built-in.

Keyboard adalah salah satu komponen utama yang berfungsi untuk interaksi dengan komputer. Keyboard mempunyai berbagai macam tipe, namun kebanyakan memiliki kegunaan yang sama.

Tombol Escape (Esc) dapat digunakan untuk membatalkan instruksi ke komputer. Sebagai contoh, jika akses halaman web menjadi lambat maka Anda dapat menekan tombol Esc untuk memberhentikan akses tersebut.

Nama nama tombol keyboard dan fungsinya 

Keyboard

•Tombol Function

Tombol Function adalah tombol-tombol yang berlabel F1 hingga F12. Beberapa aplikasi perangkat lunak menggunakan tombol-tombol ini sebagai kombinasi shortcut untuk fungsi-fungsi spesifik. Sebagai contoh, banyak aplikasi perangkat lunak menggunakan tombol F1 untuk mengakses berkas bantuan.


•Tombol Print Screen, Scroll Lock, Pause / Break

Tombol Print Screen, Scroll Lock, dan Pause/Break terletak di pojok kanan atas keyboard. Tombol Print Screen digunakan untuk mengambil gambar dari tampilan layar (disebut screenshot) yang dapat Anda ubah atau simpan menggunakan perangkat lunak pengolah gambar. Sedangkan tombol Scroll Lock dan Pause/Break jarang digunakan, sehingga beberapa tipe keyboard tidak memiliki kedua tombol ini.



•Tombol Backspace

Tombol Backspace digunakan untuk menghapus karakter yang terletak di sebelah kiri kursor.



Tombol Page Up dan Page Down

Kedua tombol ini digunakan untuk menggulung dokumen atau halaman web ke atas atau bawah.



•Tombol Insert (Ins) dan Delete

Tombol Insert: tombol ini digunakan untuk berpindah antara mode insert (menyisipkan teks di sebelah kanan kursor tanpa menghapus teks sebelumnya) dan mode overtype (menyisipkan teks di sebelah kanan kursor dengan menghapus teks sebelumnya).


•Tombol Delete: tombol ini akan menghapus karakter yang terletak di sebelah kanan kursor.



•Tombol Home dan End

Kedua tombol ini digunakan untuk memindahkan kursor ke awal (Home) atau akhir (End) baris.



•Tombol Alfanumerik

Bagian utama dari keyboard terdiri dari tombol-tombol alfanumerik (tombol-tombol huruf dan angka) dan spasi.



•Tombol Tab

Tombol Tab digunakan untuk fungsi indent pada perangkat lunak pengolah kata. Tombol ini juga dapat digunakan untuk navigasi dari isian satu ke isian lainnya saat Anda mengisi formulir online.



•Tombol Enter

Tombol Enter digunakan untuk menyetujui (mengeksekusi) perintah. Sebagai contoh, saat Anda menjelajah Internet maka Anda dapat menulis alamat website lalu menekan tombol Enter untuk menuju website tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tombol Enter untuk menambahkan baris baru (saat Anda memakai perangkat lunak pengolah kata).



•Tombol-tombol angka (numerik)

Tombol-tombol angka pada keyboard menyerupai tombol-tombol pada kalkulator. Banyak pengguna komputer lebih mudah mengetik angka melalui tombol-tombol numerik ini. Pada beberapa tipe keyboard, tombol-tombol ini berfungsi sebagai tombol panah.



•Tombol Ctrl, Alt, dan Shift

Tombol Control (Ctrl), Alt, dan Shift dirancang untuk dikombinasikan dengan tombol-tombol keyboard lainnya yang biasanya disebut dengan tombol shortcut. Umumnya, kombinasi tersebut dilakukan dengan menahan tombol Ctrl, Alt, atau Shift sambil menekan tombol lainnya untuk melakukan instruksi-instruksi spesifik. Sebagai contoh, sebagian besar perangkat lunak menggunakan kombinasi tombol Ctrl dan S untuk menyimpan berkas.



•Tombol-tombol panah

Tombol-tombol panah digunakan untuk berbagai fungsi, seperti menggulung (scroll) dokumen atau mengendalikan kursor saat bermain game.


Jika Anda ingin belajar atau meningkatkan ketrampilan mengetik Anda, maka Anda dapat mengakses panduan gratis nya di Typing Tutorial .


Mouse

•mouse komputer

Mouse juga merupakan perangkat penting untuk berinteraksi dengan komputer. Umumnya mouse dikenal sebagai perangkat penunjuk (pointer), yang berfungsi untuk menunjuk atau menggeser suatu objek di monitor.


Ada dua jenis umum mouse: optikal dan mekanik. Mouse optikal menggunakan mata elektronik untuk mendeteksi gerakan dan lebih mudah dibersihkan. Sedangkan mouse mekanik menggunakan bola bergulir untuk mendeteksi gerakan dan harus dibersihkan secara teratur untuk berfungsi lancar.


•Perangkat alternatif pengganti mouse

Terdapat perangkat lain pengganti mouse yang memiliki cara kerja sama seperti mouse. Sebagian besar pengguna komputer nyaman menggunakannya dan perangkat tersebut juga tidak membutuhkan ruang pemakaian yang luas seperti mouse konvensional. Berikut ini adalah beberapa contoh perangkat tersebut.


Trackball: Adalah sebuah perangkat yang mempunyai komponen berbentuk bola yang dapat digerakkan ke berbagai tujuan. Perangkat ini dapat mengendalikan kursor dengan menyentuh dan menggeser komponen berbentuk bola tersebut.

•mouse Rollerball

Touchpad: Touchpad (atau juga disebut trackpad), adalah papan sentuh yang dapat Anda sentuh dengan jari Anda untuk mengendalikan kursor. Touchpad umumnya terdapat pada komputer laptop.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membootable menggunakan rufus

Cara menginstal Windows menggunakan virtual box

Tugas pertemuan ke 4 topologi jaringan