Tugas pertemuan ke2 tanggal 9 Oktober 2023

 Kesimpulan modul 1

Di awal bab ini, saya telah diperkenalkan dengan konten komputer dan pedoman keselamatan yang dapat mencegah kebakaran akibat listrik dan cedera saat bekerja di dalam komputer. Saya juga mempelajari tentang ESD dan bagaimana ESD dapat merusak peralatan komputer jika tidak digunakan dengan benar.

 

Saya juga mempelajari tentang motherboard, yaitu tulang punggung komputer yang berisi bus, atau jalur listrik, yang menghubungkan komponen elektronik. Komponen-komponen ini termasuk CPU, RAM, slot ekspansi, chipset, BIOS dan chip UEFI.


Berbagai jenis perangkat penyimpanan seperti hard disk drive, drive optik, dan solid-state drive juga dibahas bersama dengan berbagai versi antarmuka PATA dan SATA yang menghubungkannya ke motherboard.


Alat-alat yang umum digunakan dijelaskan dan proses pembongkaran komputer didemonstrasikan. 


Kesimpulan modul 2

Dalam bab ini saya mempelajari bahwa merakit komputer sering kali merupakan bagian besar dari pekerjaan teknisi dan sebagai teknisi, saya harus bekerja dengan cara yang logis dan metodis saat bekerja dengan komponen komputer. Misalnya, pemilihan motherboard dan komponen eksternal mempengaruhi pemilihan casing dan catu daya, dan faktor bentuk motherboard harus disesuaikan dengan jenis casing komputer dan catu daya yang benar.


Saya mengetahui bahwa catu daya PC mengubah tegangan masukan AC menjadi tegangan keluaran DC. Catu daya biasanya menyediakan tegangan 3,3V, 5V, dan 12V untuk memberi daya pada berbagai komponen internal komputer dan catu daya tersebut harus memiliki konektor yang tepat untuk motherboard dan berbagai jenis perangkat yang akan diberi daya.


Selain mempelajari arsitektur CPU, saya juga mempelajari bahwa dalam memilih RAM baru harus kompatibel dengan motherboard dan kecepatan RAM harus didukung oleh chipset. Saya kemudian melakukan laboratorium di mana saya memasang CPU, rakitan unit pendingin/kipas, dan modul RAM pada motherboard. Anda juga memasang rakitan motherboard ke dalam casing komputer.


Kesimpulan modul 3

Dalam bab ini, saya mempelajari tentang proses booting komputer dan peran BIOS yang melakukan POST pada komponen utama komputer. Anda juga mengetahui bahwa pengaturan BIOS motherboard disimpan dalam chip memori CMOS. Saat komputer melakukan booting, perangkat lunak BIOS membaca pengaturan konfigurasi yang disimpan dalam CMOS untuk menentukan cara mengkonfigurasi perangkat keras. Di lab, Anda menginstal sistem operasi Microsoft Windows dan perangkat lunak pihak ketiga.


Setelah menginstal Windows, saya belajar tentang Watt dan Tegangan serta persamaan dasar Hukum Ohm, yang menyatakan tegangan sama dengan arus dikali hambatan: V = IR dan daya sama dengan tegangan dikalikan arus: P = VI. Anda telah mempelajari jenis fluktuasi daya AC yang dapat menyebabkan kehilangan data atau kegagalan perangkat keras seperti pemadaman listrik, pemadaman listrik, kebisingan, lonjakan daya, dan lonjakan daya. Anda juga mempelajari tentang perangkat yang membantu melindungi dari masalah fluktuasi daya dan melindungi data serta peralatan komputer. Perangkat ini termasuk pelindung lonjakan arus, UPS, dan SP

Bab ini diakhiri dengan diskusi tentang melindungi lingkungan melalui metode pembuangan komponen komputer yang aman. Saya mengetahui bahwa ada peraturan untuk pembuangan banyak komponen seperti baterai, toner, kartrid printer, ponsel, dan tablet. Anda juga mempelajari SDS yang menjelaskan cara membuang bahan yang berpotensi berbahaya dengan cara yang paling aman. Selalu periksa peraturan setempat mengenai metode pembuangan yang dapat diterima sebelum membuang peralatan elektronik apa pun.S.


Kesimpulan modul 4

Dalam bab ini, saya elah mempelajari banyak manfaat pemeliharaan preventif, seperti potensi masalah perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih sedikit, waktu henti komputer yang lebih sedikit, biaya perbaikan yang lebih rendah, dan kegagalan peralatan yang lebih jarang terjadi. Anda telah mempelajari cara mencegah debu merusak komponen komputer dengan menjaga kebersihan filter udara, membersihkan bagian luar casing komputer, dan menghilangkan debu dari bagian dalam komputer dengan udara bertekanan.


Selanjutnya saya mengetahui bahwa ada komponen yang harus diperiksa secara rutin dari debu dan kerusakan. Komponen-komponen ini termasuk unit pendingin dan kipas CPU, modul RAM, perangkat penyimpanan, kartu adaptor, kabel dan perangkat daya, serta keyboard dan mouse. Pedoman untuk memastikan kinerja pengoperasian komputer yang optimal, seperti tidak menghalangi ventilasi atau aliran udara dan menjaga suhu dan kelembapan ruangan yang tepat.

Di akhir bab ini, saya mempelajari enam langkah dalam proses pemecahan masalah yang berkaitan dengan pemeliharaan preventif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membootable menggunakan rufus

Cara menginstal Windows menggunakan virtual box

Tugas pertemuan ke 4 topologi jaringan