Tugas mengenai jaringan

 1. Jaringan komputer 


                          Pengertian:


Kita harus tau dulu apa itu jaringan,jaringan adalah kumpulan server,komputer,perangkat jaringan,atau perangkat lain yang terhubung untuk berbagi data. Nah,jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain.


Jenis jenis jaringan komputer


Jenis jenis jaringan komputer diantaranya adalah:


1. LAN 




Yang pertama ada LAN singkatan dari Local area network. LAN merupakan suatu jaringan komputer yang mencakup wilayah local, jadi jaringan ini hanya bisa digunakan oleh pengguna yang berada di area lokal saja dengan menghubungkan perangkat ke jaringan internet lewat perangkat jaringan yang sederhana.


2. MAN





Dan yang kedua ada MAN yaitu singkatan dari metropolitan area network. MAN merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan canggih dari jaringan komputer LAN. Jenis jaringan komputer MAN ini di gunakan biasanya dari kota ke kota lainya.


3. WAN





Yang ketiga ada WAN yaitu singkatan dari wide area network.Wan ini merupakan jaringan area luas yang mencakup area yang besar seperti jaringan komputer antar wilayah,area kota,bahkan antar negara. Jaringan WAN juga dapat di definisikan sebagai jaringan yang membutuh kan router Dan jaringan komunikasi publik.


Topologi jaringan


Topologi jaringan adalah metode atau cara untuk menghubungkan rute rute koneksi dan node dalam satu jaringan. Node adalah Perangkat keras untuk menerima/meneruskan dan membagikan data yang bisa di sebut juga dengan komputer.


Jenis jenis topologi jaringan


1. Topologi mesh 





Topologi mesh adalah metode untuk menghubungkan node secara langsung/ tanpa menggunakan perantara. Kelebihan nya adalah jikalau kita ada kesalahan pengiriman data bisa di temukan dengan mudah, dan kkekurangannyaa adalah membutuhkan biaya yang besar untuk penyediaan kabel jaringan.


2. Topologi star





Yang kedua ada topologi star,sesuai dengan namanya jaringan ini rute nya membentuk star. Topologi star adalah metode untuk menghubungkan node menggunakan sebuah perangkat keras hub dalam sebuah jaringan. Kelebihan nya adalah lebih hemat biaya dan jika ada kesalah dalam pengiriman data dalam sati rute tidak akan berpengaruh ke rute yang lain. Dan kekurangan nya adalah jika ada kerusakan pada hub maka alur transmisi data dan sumber daya akan tersumbat semua.


3. Topologi bus 





Yang ketiga ada topologi bus adalah metode untuk menghubungkan antar komputer menggunakan satu kabel jaringan dengan jalur searah. Kelebihan nya adalah biaya jauh lebih murah dan kekurangan nya adalah tabrakndata akan mungkin terjadi karena di sebabkan oleh lalulintas yang hanya bertumpu pada satu kabel


4. Topologi ring





Yang keempat ada topologi ring adalah metode untuk menghubungkan antar komputer dengan rute yang berbentuk ring atau cincin yang biasanya tiap rute memiliki repeater yang di gunakan untuk menerus kan data. Kelebihan nya adalah sederhana dan mudah di buat dan kekurangan nya adalah Jika terjadi masalah, troubleshooting jaringan ini terbilang rumit.


5. Topologi tree/pohon





Yang kelima ada topologi tree atau pohon merupakan metode pembangunan jaringan yang proses pengembangannya dilakukan dengan cara menggabungkan dua topologi berbeda, yakni topologi star dan bus. Kelebihan nya adalah memanage data dengan baik dan kekurangannya adalah memiliki kinerja yang lambat

.


Dan itu semua adalah jenis jenis jaringan komputer dan topologi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membootable menggunakan rufus

Cara menginstal Windows menggunakan virtual box

Tugas pertemuan ke 4 topologi jaringan